Tiga Rumah Ludes Terbakar di Mesuji, Saply Janji Segera Membantu

DL/31032019/Mesuji

--- Tiga unit rumah yang berhimpitan di desa Wiralaga Satu, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji ludes dilalap api, pada Sabtu 30 Maret 2019 sekira pukul 09.40 wib.

Api yang menjalar sangat cepat itu diperkirakan karena hubungan arus pendek listrik dari salah satu rumah. Dan karena ketiga rumah yang berdekatan itu terbuat dari bahan kayu, maka api sangat cepat menyambar ke rumah lainnya.

Mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kebakaran sudah terlambat, dan ketiga rumah tersebut tinggal puing-puing dan bara api yang masih merah. Dan kemudian disemprot hingga kondisi aman dari api oleh petugas Damkar Mesuji.

Peristiwa ini berlangsung cukup cepat, karena dalam hitungan 15 menit saja, ketiga rumah itu sudah ludes dari amukan si jago merah. Api diperkirakan dari rumah Pakuk dan menjilat ke rumah dua tetangganya yang berdempetan.

Para pemilik ketiga rumah itu Pakuk, Sulbari dan Mangbo mengatakan hal yang sama, tak bisa menyelamatkan barang-barangnya karena api menjalar dengan cepat.

"Kami panik karena api dengan cepat menjalar dan kami selamatkan yang memang bisa diselamatkan, yang tidak bisa kami selamatkan semuanya ikut terbakar termasuk surat-surat berharga"jelasnya Sulbani.

Menurut mantan kepala Desa Wiralaga Satu, Ahyar yang berada di lokasi kejadian perkiraan sementara kebakaran tersebut dipicu akibat konsleting listrik. "Kebakaran krmungkinan akibat konsleting listrik kemudian membakar tiga rumah yang berdempetan ini,"ungkap Ahyar. 

Kabid Pemadam, Maulana mengatakan bahwa keterlambatan mobil Damkar tiba di lokasi, karena jarak yang begitu jauh. "Kami begitu mendapat informsi langsung meluncur dari Brabasan, namun karena jarak tempuh yang lumayan jauh kita sampai memang rumah sudah ludes terbakar,” terang Maulana.

Akibat kejadian kebakaran tersebut membuat para penghuni rumah sedih dan berharap Pemerintah Daerah dapat membantu musibah yang mereka alami, karena barang-barang mereka termasuk bahan makanan seperti beras juga ikut terbakar.

Tampak di lokasi kejadian Kepala Dinas PMD yang hadir memberikan dukungan moral agar yang terkena musibah bisa sabar dalam menerima musibah ini.

Tidak berselang lama Plt. Bupati Mesuji, H. Saply TH juga tiba di lokasi dan langsung menemui para  keluarga korban dan menjanjikan akan membantu semua Kepala Keluarga yang terkena musibah kebaran.

"Segera nanti kita bantu melalui Dinas Sosial dan BPBD serta kita akan usulkan kepada dinas terkait  untuk segera memberikan bantuan teruma yang terpenting saat ini yaitu bantuan makanan,” jelas H Saply TH. (sup)